Review: Mind of Mine – Zayn

Saat ini Zayn sedang menikmati masa keemasannya lalu apakah album Mind of Mine, sama bersinarnya dengan perjalanan karier Zayn?

Berbekal fisik rupawan dan suara yang merdu membuat Zayn Malik menjadi salah satu pentolan One Direction yang paling digemari kaum hawa. Setelah memutuskan keluar dari grup tersebut namanya malah makin dikenal luas. Saat ini Zayn sedang menikmati masa keemasannya dengan debut album yang berhasil menyabet posisi juara di tangga lagu Inggris Raya dan Amerika Serikat, Single yang pernah berada di puncak dan berpacaran dengan model Superhot, Gigi Hadid. Lalu apakah album perdananya, Mind of Mine, sama bersinarnya dengan perjalanan karier Zayn?

Album Mind of Mine dibuka dengan sangat meyakinkan lewat Intro dan ‘PILLOWTALK’ yang menggambarkan Mood keseluruhan album perdana Zayn Malik; misterius dan sensual. Pemilihan ‘PILLOWTALK’ sebagai lagu andalan dari kantung album Mind of Mine memang sebuah keputusan yang bijaksana karena selain mempunyai daya pikat dan ‘faktor X’ yang dibutuhkan untuk menjadi sebuah ‘Hit’, lagu ini mampu dengan baik menjabarkan arah musik yang diusung Zayn setelah hengkang dari One Direction. Tak heran ‘PILLOWTALK’ mampu menduduki puncak Billboard Hot 100 Chart di Amerika Serikat pada minggu pertama perilisannya.

Lantunan Falsetto yang indah dari Zayn menyeruak melalui ‘iT’s YoU’, sebuah balada putus cinta yang melankolis dan Dreamy. Nuansa R&B/Funk yang seksi khas Robin Thicke hadir dalam ‘BeFoUr’, sebuah lagu yang menurut media liriknya ‘menyindir’ grup yang dulu pernah membesarkan namanya (“Can’t Tune My Chords Into Your Songs. No.”). Sajian R&B Slow Jams yang sensual nan eksotis hadir dalam ‘ShE’ dan ‘dRuNk’ kemudian disusul dengan ‘fLoWer’ sebuah Interlude yang meskipun hanya sekilas namun mampu memberi nafas segar terlebih Zayn membawakan baitnya dalam bahasa Urdu yang menjadi akarnya. I Lowkey Want A Full Version of This Beautiful Song.

ZAYN

Paruh kedua Mind of Mine dibuka dengan sebuah Bittersweet Love Song bertajuk ‘rEaR vIeW’ yang notasinya terdengar sangat 90-an. One of My Personal Favorite From the Album. Kehlani hadir mengisi vokal dalam ‘wRoNg’, sebuah Slow Jam yang menggoda. Pencinta Piano-Driven Ballad pasti langsung jatuh cinta pada ‘fOoL fOr YoU’ yang minimalis dan kental dengan nuansa Retro A la The Beatles dan Elton John yang membuat lagu ini semakin bernyawa. Sayangnya ‘fOoL fOr YoU’ jadi terdengar seperti anak hilang karena dengan Sound yang lebih organik lagu ini seakan keluar dari benang merah Mind of Mine yang mayoritas mengusung Alternative R&B kekinian.

Di bagian akhir album ini, Zayn masih berasyik masyuk dengan Sound dan tema yang repetitif. Pengaruh Robin Thicke, Frank Ocean, Miguel, The Weeknd dan sederet musisi lainnya yang mengusung Genre musik sejenis sangat kental terasa. Meskipun begitu ‘BoRdErZ’ dan ‘tRuTh’ menjadi dua sajian yang sangat sayang untuk dilewatkan. Tiga dari empat lagu tambahan pada versi Deluxe album ini yakni ‘BLUE’, ‘BRIGHT’ dan ‘LIKE I WOULD’ merupakan amunisi yang tak kalah menarik dari empat belas lagu sajian utamanya.

Secara materi Mind of Mine dibekali amunisi yang berkualitas. Sungguh keberanian yang luar biasa dari pihak RCA sebagai Recording Label memperbolehkan Zayn mengusung musik yang sedikit berat mengingat Zayn adalah Pop Star dengan mayoritas penggemar yang mungkin mengharapkan karya yang lebih Radio Friendly/Top 40 Banger. Sayangnya Mind of Mine terlalu panjang, repetitif dan membosankan di paruh akhir. Meskipun tidak ada lagu yang jelek namun untuk menikmati Mind of Mine sebagai sajian utuh rasanya akan sulit. Tak heran banyak kritikus musik yang memberikan penilaian yang kurang baik untuk album ini. Saya sendiri butuh beberapa kali menghayati Mind of Mine sampai benar-benar mendapatkan esensinya. It’s More of A Grower. Which is Kinda Good But Still… It’s Overlong.

Dengan kesuksesan yang diraih oleh Zayn lewat debut albumnya ini rasanya tidak berlebihan untuk menempatkan namanya sebagai salah satu penampil dari generasi ini (bersama Nick Jonas) yang sukses bersolo karier setelah sebelumnya tergabung dalam sebuah grup terkenal. Namun masih perlu banyak pembuktian dan waktu untuk mensejajarkan Zayn dengan Justin Timberlake dan Robbie Williams. Biarlah waktu yang menjawab apakah karier Zayn Malik akan secemerlang Justin Timberlake dan Robbie Williams atau berakhir seperti Darren Hayes, Jordan Knight, Joey McIntyre, dan Nick Lachey? No Hard Feeling. (@rioaditomo)

Mind of Mine | Score (3/5)

Buy/Stream ‘Mind of Mine’ on iTunes/Apple Music: HERE

PILLOWTALK by Zayn:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s