Review: Red Flag – All Saints

“Seluruh rangkaian lagu dalam Red Flag seperti parade nostalgia yang indah bagi generasi 90-an namun tetap terasa segar.”

All Saints

Kembali bersatunya Shaznay Lewis, Melanie Blatt, Nicole dan Natalie Appleton, utuh sebagai All Saints sungguh sebuah kabar yang menggembirakan bagi penggemar musik yang pernah merasakan hebatnya invasi Girl Group dari Inggris Raya di penghujung 90-an hingga awal 2000-an. All Saints merupakan alternatif bagi remaja yang bosan dengan tema Girl Power dan konsep Cutesy yang diusung Spice Girls. Dengan mengadopsi Street Style dan musik yang lebih Dark/Edgy, All Saints sukses melaju di skena musik dan menginspirasi kalangan muda pada masanya. Sayangnya jalan karier grup yang pernah menjadi Trendsetter celana Cargo dan Crop Top di era 90-an ini tak berjalan mulus. Dua kali mereka memutuskan untuk bubar dan salah satunya dikarenakan hal sepele yaitu perihal perebutan jaket.

Sepuluh tahun setelah merilis album Studio 1 (2006) keempat personil All Saints yang kini berusia empat puluh tahunan ini akhirnya merilis album terbaru yang diberi judul Red Flag. Album yang dirilis pada 8 April 2016 ini dibuka oleh One Strike yang sekaligus menjadi lagu andalan untuk album ini. One Strike meleburkan harmonisasi vokal khas All Saints dalam balutan Synthesizer dan Funky Bass Line di bagian Chorus yang mengalir begitu Catchy. Lagu ini mendapatkan banyak pujian dari kritikus musik dunia karena mampu memberikan sajian yang familiar khas All Saints namun tetap terdengar baru dan segar. Jika mengenal Pure Shores yang begitu meledak di awal 2000-an tentu saja bisa merasakan kesamaan formula, notasi dan harmonisasi yang diusung All Saints dalam One Strike. Undeniably, One of the Best Pop Song in 2016.

All Saints

Dua belas lagu yang berderet dalam rangkaian Tracklist dalam Red Flag mampu dengan baik menggambarkan kedewasaan All Saints dalam bermusik. Lirik yang hampir semua ditulis oleh Shaznay Lewis kabarnya menceritakan perjalanan hidup masing-masing personil All Saints; dari kegagalan rumah tangga Nicole Appleton bersama Noel Gallagher (Oasis) hingga kisah-kisah kehidupan personil lainnya selama Hiatus dalam kurun waktu sepuluh tahun terakhir. Untuk segi aransemen vokal rasanya selalu menjadi Top Notch dalam produk rekaman yang dikerjakan All Saints. Keunikan warna vokal Shaznay Lewis yang sangat ‘kawin’ dengan harmonisasi ketiga personil lainnya selalu berhasil memukau pendengar dan memberi roh tersendiri dalam karya-karya grup vokal yang mulai debut di tahun 1997 lewat I Know Where it’s At ini.

Dalam album keempat ini All Saints masih banyak dibantu oleh produser yang selama ini memproduksi katalog musik mereka, K-Gee. Tidak heran album ini terdengar sangat All Saints sekali. Jika dibandingkan Studio 1 (2006) album Red Flag ini terdengar lebih kohesif dan jauh lebih bernyawa karena All Saints mengaku dalam pembuatan album ini semua mengalir begitu saja, tanpa ekspektasi; semua personil All Saints hanya ingin membuat karya yang jujur dan bersenang-senang selama proses rekaman. Secara kualitas album ini bisa disejajarkan dengan karya terbaik mereka Saints and Sinners yang rilis 16 tahun lalu; salah satu album pop terbaik yang dirilis dekade 2000-an yang memberi inspirasi banyak musisi masa kini salah satunya Charli XCX. Seluruh rangkaian lagu dalam Red Flag seperti parade nostalgia yang indah bagi generasi 90-an namun tetap terasa segar untuk penikmat musik di era digital ini. Sulit memilih lagu mana yang menjadi favorit saya namun One Strike, Summer Rain, Red Flag, Tribal dan Pieces merupakan sederet karya terbaik dan menjadi Spotlight dari album ini.

All Saints

Red Flag – All Saints | (4/5)

Buy/Stream ‘Red Flag’ on iTunes/Apple Music: HERE

One Strike by All Saints:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s